Review Notebook Acer eMachine D720

Posted by Kopenx Blog on Thursday, January 29, 2009

Ketika beberapa waktu lalu saya membeli seperangkat notebook baru untuk menggantikan computer lama saya. Notebook yang saya inginkan adalah spesifikasi notebook yang bagus dan murah. Dan yang paling penting jangan sampe ketipu kali yah :D

Setelah melihat dan menimbang budget, akhirnya diputuskan membeli notebook acer eMachine D720. Notebook ini bisa dikatakan notebook yang cukup unik dengan spesifikasi yang menggiurkan. Kalau tidak salah notebook acer eMachine adalah notebook yang pertama kalinya dikeluarkan di jepang pada sekitar bulan September 2008 yang diperuntukan bagi kaum pelajar dengan spesifikasi yang minim yang mengusung intel Celeron didalamnya. Tapi seiring banyaknya permintaan akan notebook ini, menurut info yang saya dapat dari orang acer bahwa beberapa bulan kemudian eachine ini akan memiliki tipe lagi untuk kalangan high-end dengan spesifikasi yang jauh lebih tinggi.

Untuk Acer eMachine yang saya beli adalah tipe D720 dengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Prosessor Intel Dual Core 2,16 Ghz
  2. Memory RAM default 512 MB Up to 4 GB
  3. Hardisk 160 GigaByte SATA Merk Hitachi
  4. VGA intel 256 (shared)
  5. LCD 14" wide screen cristal bright (lebih bagus daripada LCD TFT biasa dan tampak lebih mengkilat)
  6. DVD RW super multi double layer
  7. Terdapat 3 channel sebagai media output, input audio dan input microphone
  8. Webcam dan microphone terintegrasi
  9. WiFi
  10. Os Linux (yang ini ada yang pake ada yang nggak tergantung dikasihnya atau nego)
  11. Warna Hitam
  12. Garansi resmi acer 1 tahun, karena nego saya dapat tambahan garansi toko 3 tahun :D

Nah saya kira dengan fitur seperti itu untuk kelas harga kurang lebih 6 jutaan adalah termasuk spesifikasi yang bagus untuk kelas acer. Pada pembelian kemarin saya mengupgrade memorinya menjadi 1 GB. Berikutnya karena saya terbiasa dengan windows Xp maka saya harus menginstal ulang dan mengganti dengan windows xp sekalian mempartisi ulang hardisknya. kesempatan saya juga untuk "test drive" notebook tersebut.

Hasil review saya :

  1. Untuk LCD monitornya enak bener, selain ukurannya sedikit lebih besar dari yang berukuran 14" biasa (14" wide screen) juga tipe LCD nya adalah TFT cristal bright dengan warna yang lebih cerah dan terang. Ketika layar di matikan akan tampak hitam mengkilat.
  2. Hardisk yang digunakan besar (160) GigaByte SATA dengan kecepatan standar untuk kelas SATA
  3. Notebook ini tidak berisik dan relatif "dingin" ketika beroperasi yang memerlukan kinerja prosessor lebih. Waktu itu saya coba menjalankan adobe photoshop, coreldraw 12 dan windows media player sekaligus dan dapat berjalan dengan cepat dan lancar.
  4. Kipas pendingin prosesor berada di sebelah kiri belakang.
  5. Mouse touch pad kurang nyaman, karena bidang pad touch nya menyatu dengan bodynya dan terdapat titik-titik area touchnya. Otomatis ketika kita menggeserkan jari kita akan sedikit "seret". Berbeda dengan notebook lain yang standar dengan bidang touch pad sekelasnya.
  6. Speaker audio internal yang terdengar cukup bagus. Tidak cempreng dan empuk terutama nada treblenya terdengar sangat mantap.
  7. Untuk channel audio untuk external saya coba hubungkan dengan speaker aktif. Dan suaranya terdengar mantap. Tapi hal ini standar mengingat hardware audio yang sudah ada pada notebook ini menggunakan teknolgi baru yang sekelas Audio high definition. Ini saya tahu dari driver softwarenya.
  8. Wifi Standar
  9. Sayang port USB nya hanya ada dua yang terdapat di kiri. Tapi untuk hal ini tidak apalah.
  10. VGA port untuk dihubungkan dengan monitor luar standar.

Prinsipnya saya puas dengan notebook ini. Apalagi kata orang acer sendiri notebook ini dijamin awet dibandingkan notebook lokal sekelasnya dengan harga yang menurut saya cukup murah. Segitu saja reviewnya. Ada yang mau nambahin?

{ 70 comments... read them below or add one }

Anonymous said...

Wih, bagus tuh
Btw, beraoa harganya ko ga ada sih?

Anonymous said...

Ada koq harganya di atas, sekitar kurang dari 6 jutaan :)

Anonymous said...

kalo gw pake Acer Aspire 4930, keren juga :)

Anonymous said...

Infonya bagus banget ;;) ... Ntar kalo Wahyu punya duit, anterin belinya ya A!! sekalian bantuin negonya... Ntar kalo dah kerja, masih nganggur-nganggur aja nih di rumah hmmmmmm :(

Anonymous said...

jadi pengen balei heheheh

Anonymous said...

To gloria :wah Acer Aspire 4930 mah pasti sama2 keren boz yang penting jangan sampai ada keluhan yang benar-benar mengganggu saja :D

To Wahyu & anton : Kalo mau beli mending jangan sekarang2 dolar lagi $$ lagi meroket ;)

Anonymous said...

hi :) www.cndmt.blogcu.com www.cndmtjasmin.blogspot.com

Anonymous said...

Trims ya...

Anonymous said...

Emachine bisa ngak diinstall Mac OS ya?
cos saya udah coba install Mac leopard, tapi berhenti ditengah-tengah jalan?
Help me...Trims

Anonymous said...

To Anonymous : Sebelumnya pake OS apa? linux atau windows?

untuk instal Mac OS, sebelumnya masuk dulu ke bios (tekan f2 ketika boot), setelah itu pilih SATA modenya dengan AHCI, bukan IDE. setelah itu coba boot dengan cd mac OS. semoga membantu.

Jika berhsil kasih tau ya :)

Anonymous said...

tanya donk bos... kalo beli d720 terus upgrade memory sendiri garansi nya hangus gak sih?

Anonymous said...

To Gunners : Dulu dari acer memang dianggap tidak garansi lagi kalo ada modifikasi seperti memori. Tapi sekarang khusus untuk memory dianggap bukan modifikasi tetapi dianggapnya sebagai aksesoris. Jadi masih garansi bro asal jangan ganti/update selain memorinya aja misalnya hardisk, vga wifi. semoga membantu.

Anonymous said...

Tambahan to gunners : Kalo mau upgrade memori sebaiknya ke tokonya langsung. soalnya kan sekrupnya pasti ada segel dari toko & acer. kalo sampai segel itu dengan sengaja kita buka. ya garansinya jadi ilang. Kalaupun anda membeli memori sendiri atau sudah punya, minta pasangkan saja sama tokonya. jadi nanti sekrupnya bisa disegel lagi. Dan garansinya akan tetap utuh :)

Anonymous said...

masalahnya gw beli emachines lewat internet 2nd, jadi kayaknya mau beli memory dan pasang sendiri... memory yang cocok merk apa yah? dan bisa sampe berapa giga? thx

Anonymous said...

mmg si bgs bro. g uda beli, tp buat cew rasanya koq polos banget ya. ada yang jual sticker buat cover dpn nya ga ya?

Anonymous said...

To Gunners : Acer eMachine bisa menampung memory sampai 4 GB (up to 4 GB) sedangkan memory bawaannya 512 MB. Kalo masalah merek semuanya juga bisa dipakai asalkan tipe SODIMM DDR2. misalnya yang saya pake adalah merk V-gen dan bisa bekerja dengan kecepatan yang lumayan dah.. :D tentunya yang lebih mahal juga banyak. tergantung budget yang dimiliki :D

To Anonymous : memang terlihat lebih polos dibandingkan dengan merek lain yang sejenis yang banyak stikernya. Tapi lebih baik dibandingkan dengan yang banyak stikernya tapi spesifikasinya rendah (mis. prosessor celeron). Prosessor eMachine bisa bekerja maksimal tanpa hambatan pada OS vista. dengan rating 4! (paling tinggi 5) wah jadi promosi dikit nih..

Anonymous said...

kalo mau setting internet via HP di eMachines bisa dak ya? maklum bro...aku tinggal di daerah yang belum ada fix phonenya...kalo bisa gimana caranya..tks

Kopenx Blog said...

@ Anonymous : Owh, tentu saja bisa, saya juga menggunakan Notebook ini buat internetan. caranya gampang aja, hubungkan HP yang mau di jadiin modem dengan kabel data, instal PC suitenya. Dan sedikit setingan GPRS (sesuai dengan operator yang digunakan)Selesai. Semoga membantu.

Anonymous said...

Kalo kaga salah eMachine itu tidak diembel-embeli merk Acer didepannya. EMachine merupakan merk tersendiri (bukan Acer). Cuman utk service EMachine bisa dibawa ke Service Center Acer, karena EMachine & Acer sama2 dikeluarkan oleh PT. Acer Indonesia.

Anonymous said...

wah, mantap bro.. jadi smakin yakin mo ambil ni laptop.. Tadi abis dari Harco dah naksir ni laptop.. tapi ga mao keburu2 jadi cari2 info dulu.

Thx bro infonya..

Kopenx Blog said...

@Yoyo March : Betul mas, beli laptopnya santai aja, pilih-pilih dulu, liat-liat dulu.. kalo dah mantap tentukan pilihan (kayak pemilu) hehe... tapi laptop emachine ini bener-bener ok. saya coba game sronghold legend (game lama tapi favorit) yang terkenal beratnya.. berjalan mulus tanpa masalah... :D

Kopenx Blog said...

@anonymous yang tanggal 15 : eMachine memang bukan pihak acer yang mengeluarkan (merek dagang), tapi semacam OEM dari acer dengan mengusung eMachine. Anda bisa lihat segel+keterangannya di bawah laptop emachine. Semuanya dari acer beserta tulisannya (made in acer). Pada Dus+buku petunjuk+CD drivernya juga resmi dari acer.

Anonymous said...

Alhamdulillah..bln kmaren gw nganter adik bli emachine di BEC Bandung.tp sayang yah ga ada embel2 ACER-nya :) (ga penting yah).mo nanya bisa ga eMachine di ghost? (norton ghost) ditunggu banget jawabannya ia...

Kopenx Blog said...

Bisa mas pake norton ghost, tapi sebaiknya pada saat instal mending satu-satu aja. kalo di ghost kadang-kadang ada yang tidak bekerja. semoga membantu.

fahm.. said...

bro..
klo boleh tahu belinya dimana??
paket penjualannya apa aja??

info aja..
emachines dulunya berdiri sendiri...tapi sekarang dah diakuisisi ama acer lupa karna apa diakuisisinya...
tanya mbah google ajah...
n emachines dijadikan sebagai divisi low end oleh acer...
yang bikin manteb tuh garansinya tuh... n harganya ajib banget..
update harga teraakhir tuh 5,5jt di harco...

CMIIW

Kopenx Blog said...

@fahm: Betul bro, hal itu di koment saya di atas juga dah sedikit di jelasin.. Hanya saja eMachine minim stiker + sedikit agak tebel bentuknya. tapi kalo di tanya kekuatan dan efisiensi panasnya.. bisa di adu dengan spek sejenis. Ini pengalaman loh ;)

Untuk harganya, mungkin sekarang dah turun lagi. soalnya saya belum ngecek harga terakhir.

goberiust said...

harga terakhir.. 8 april 2009. 5.300.000 standart

Anonymous said...

Wah reviewnya bikin mantab hati, thks Bro. GW memang dah naksir dari kemaren nih lappi.

AndiQ said...

Wah jadi pengin nih punya notebook seperti diatas. Sayang masih blm ada budget,mudah2an ntar klo dah ada bisa beli notebook yg kayak gini. thanks infonya.

Anonymous said...

duh akhirnya nemu juga forum untuk emachine...

mau tanya kira kira kalo upgrade memory ke 2gb berapa ya standarnya???.....

saya beli emahine 5.900.000 bulan maret 2009.... gratis printer canon ip 300...lumayan kan

kinerjanya lumayanlah dengna harga murah meriah begini

harga terkahir yang aya lihat bulan april ini 5.600.000 (bonus printer udah nga ada)

Anonymous said...

23 april 2009, baru beli, upgrade memory 2gb total 5.3++ jt, kalo emachine only 5.1...bonusnya keringat doank...lama banget ngantrinya...

Anonymous said...

aku kemarin baru beli Emachine,,harga dah jadi 5,1 juta ..wah mantab & memuaskan

Anonymous said...

touch pad nya kan kurang enak tu..
bisa di ganti apa nggak ya??

bassad said...

manstaps.........!!!! e mechine gitu loh..
ane juga pake, tapi ane belinya pas dolar lagi dilangit, Rp. 5.6 jt.....
tapi sebanding kok....!!

bassad said...

mo nanya nih bro, kenapa scroll touch pad punya gak fungsi ya? apa ada yang bisa bantu nih, apa mungkin ada driver yang blom terinstal kali?
mohon bantuanya bro

Kopenx Blog said...

Di CD driver pada peket pembelian emachine d720, ada 2 driver untuk
touchpadnya. yang cocok untuk d720 ini adalah ALPSTOUCHPAD. jadi jangan
gunakan driver SYNAPTICSTOUCHPAD untuk driver touchpad yang bro bassad
gunakan. pasti semua fungsi scroll vertikal dan horizontalnya bisa berjalan
dengan baik. semua driver bawaan dari emachine d720 termasuk kumplit. hanya
saja untuk driver webcamnya tidak ada yang cocok. jadi harus donlot
optional. semoga membantu bro.

Anonymous said...

Saya kemaren beli emachine juga tapi fungsi dari Control kecerahan layar di key board tidak berfungsi.. windows xp sp2

satrio said...

hi bro, ini hari brp duit ya? ada yg dah ngecek. thx

Anonymous said...

tolong share donk...
drivers thouchpad d720 buat xp,vista,win 7 jga ya juragan....
nyari2 blum ktemu nich...
thax...

Kopenx Blog said...

Kalo untuk driver touchpad pada winXP dan winVista udah ada dalam cd drivernya kok, kumplit. jika ingin donlot kunjungi di site acer.com.

Freeson said...

Emang bagus nih notebook gue juga pake cuma lagi pusing cd driver gua hilang ada yang bisa bantu nggak copy cd nanti gua ganti ongkos produksinya.email batuwaelfrison72@gmail.com

irfan said...

halo...
aq baru beli nih laptop, (e machines D720)tentunya! baru di coba-coba, lumayan bagus lah, yang bikin demen layarnya gede n cam nya juga bersih, kinclong lah,
ni beli di jogja, sdngkan aq tinggal d balikpapan, so tambah ongkos kirimnya abis 1 jutaan lah!

ga nyesel deh...

duduts said...

kira-kira skarang harganya brapa yah..

Anonymous said...

harga terakhir 4.500.000

Harry said...

saya juga pake eMachines D720 ;) gampang install OSnya dan driver2nya, pokoknya gak ribetlah ;) yang gw suka tampilannya gak terlalu rame, simpel banget ;) dan terutama lagiii, yang bikin teman2 pada ngiri hahaha, baterenya :D gw pake kurang lebih 2,5 s/d 3 jam an ;) masih bisa bertahan tuh :D, padahal banyak software yang lagi dibuka, sambil ngenet pula, dan nyetel MP3 ;)

Bimo said...

aku instal mac os, kok masih gak bisa. padahal udah tak ganti mode AHCI, sebelumnya pakai Windows XP. Terus pakai Mac os jenis apa biar bisa di instal di emachine ku???

Anonymous said...

kalo pake windows 7 bisa ga di D720 512mb? mohon bantuanya

Kopenx Blog said...

@ yang mau pake windows 7 : Bulan lalu saya udah peke windows 7. install di emachines ini gak ribet, gak perlu nginstall apa2 lagi. langsung kedetek dan komplit semua.

Anonymous said...

lagi pengen beli emachine neh, tapi kayaknya guede bgt ya. ribet ga kalo mau dibawa kemana2 ??
btw, skrg harga pasarannya berapa ya ?? takut kena tipu, soalnya kemarin ada temen beli bulan sept harganya 5,6 jt.

ntiems said...

aqu juga beli emachines sekitar bulan september 2009 lalu harga'y 4,6 jt.

Anonymous said...

D720 ku keyboard nya rusak, kira2 klo ganti habis brapa ya???

Anonymous said...

seminggu yang lalu aku instal win7 webcamnya ga mau kluar,jadi harus instal manual pake cd driver
klo yang lain OK..........

Conspirazy IX said...

kbetulan saya juga punya dgnn type yg sama..mo nanya ni mas..untuk webcam saya bingung ko ga bisa di pake rekam video cma bisa foto az, apa perlu software tambahan ga..mksh.

elfien said...

gw jg punya emachine d720...
mau nanya bro, knapa ya emachines d720 gw mudah sekali panas, akibat panas tersebut emachines gw mati (hank)
thanks sebelumnya,,,,

Anonymous said...

stuff

yang btuh drivernya emachine langsung aja download disni http://emachine.com/support/drivers.html

bagi yang pke win7 n ksulitan cr driver webcamnya bisa canibal punya acer aspire 4730z,ni linknya http://support.acer.com/drivers_download.aspx

klu yang panas coba cek kipasnya mgkin bermasalah,krangi pemakaian coolpad krna dpat mengurangi kinerja kipas lptop sndri...tp setau saya...hehehehehe...

Anonymous said...

mau nanya dong.kebetulan OS saya pake win 7. saya punya masalah sama hotkeys(FN+..). itu ko ga muncul ya dilayar? tapi tetep bisa. itu gimana ya?

Anonymous said...

*ralat -> To Anonymous : memang terlihat lebih polos dibandingkan dengan merek lain yang sejenis yang banyak stikernya. Tapi lebih baik dibandingkan dengan yang banyak stikernya tapi spesifikasinya rendah (mis. prosessor celeron). Prosessor eMachine bisa bekerja maksimal tanpa hambatan pada OS vista. dengan rating 4! (paling tinggi 5) wah jadi promosi dikit nih..

tapi kok rating saya cuma sampai 3.5????????

muhammad_ali said...

*ralat -> To Anonymous : memang terlihat lebih polos dibandingkan dengan merek lain yang sejenis yang banyak stikernya. Tapi lebih baik dibandingkan dengan yang banyak stikernya tapi spesifikasinya rendah (mis. prosessor celeron). Prosessor eMachine bisa bekerja maksimal tanpa hambatan pada OS vista. dengan rating 4! (paling tinggi 5) wah jadi promosi dikit nih..

tapi kok rating saya cuma sampai 3.5???????? sueeer!!! BTW cara menambah ratingnya bagaimana????

Anonymous said...

dipake maen PES 2010 lancar gak?

Anonymous said...

Sekarang harga second nya berapa yah?

Gunawan said...

Saya sdh beli laptop acer yang kita maksud tapi yang jadi masalah sekarang adalah saya nda bisa instal modemnya

immar imut said...

klo VGA bisa di ganti g ..???
karena VGA yang aku punya sangat standar skali smpe smpe g bisa main point Blank.....

immar imut said...

~x( tolong donk bos ...trus hargaX kira kira berapa??

Kopenx Blog said...

@immar : kalo vga laptop itu gak bisa diganti,jadi memang masing-masing kemampuan VGA laptop mempunyai keterbatasan masing-masing. kalau main poin blank nge-lag/lambat, coba cek kecepatan koneksi internetnya. main poin blank di emachines d720 pakain RAM 1GB juga cepet kok asal koneksi internetnya mendukung aja. kalo mau menaikan performa VGA-nya, upgrade aja memorinya. tapi itu pengaruhnya tidak terlalu banyak lho terhadap performa VGA, paling sekitar 10% aja.semoga membantu :)

parid said...

laptop e,achines D720 saya mau d'jual... kira-kira laku berapa ya?
terimakasih.

Mahendra Susetyo W said...

Kak diatas.. da tulisan..

Memory RAM default 512 MB Up to 4 GB

maksud nya..

ay7 said...

hahaha, emachines tetap berjaya...
laptop pertama aye sejak 2009 dengan harga 5.6 + upgrade RAM 2 GB :D
sampe sekarang masih awet, blum pernah service tapi cuma batrei aja yang jebol karna maen game nonstop dengan batrei yang di charge terus :D
btw, emachine udah gak diproduksi lagi ya?
saran aye sih cuma 1, waktu charge batrei dan penuh,,, cabut colokan listriknya dulu, abis itu baru colokan di laptopnya (biar gak kaget batrei nya)
NB : camera lebih jernih daripada laptop keluaran tahun 2010

Unknown said...

Saya butuh cd drivernya, cara upgrade ram gmn ya? Ini stiap d nyalakan ada bunyi terus...

Unknown said...

Gw juga pke gan acer d725 emng lumayan gan,dan gk lag bnget

chintia lim said...

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Post a Comment

Silakan isi komentar anda di bawah :)